Hati-hati, Polip di Usus Bisa Berkembang Jadi Kanker


Keberadaan polip dalam usus agung butuh diwaspadai. Polip yakni gumpalan mungil dari sel-sel yg tumbuh di dinding usus agung. Sekilas, polip dalam usus gede tak menyebabkan masalah serius. Tapi, polip nyata-nyatanya dapat berkembang jadi kanker usus agung.

"Polip amat sangat mutlak utk diatasi sebab mampu beralih jadi ganas dalam disaat 10-15 th. Seandainya polip amat sangat tidak sedikit mampu 8-10 thn berkembang menjadi kanker," papar Dokter Spesialis Bedah Konsultan Bedah Digestif Benny Philippi kampanye edukasi "Cek Kala BAB, Silahkan Deteksi Kanker Usus Besar" di Jakarta, Selasa (15/12/2015).

Polip yg sudah terdeteksi keberadaannya mesti dibuang bersama trik operasi. Polip mampu terdeteksi dari buang air akbar(BAB). Kalau BAB berdarah, sehingga bisa jadi ada polip di usus. Gejala ini serupa bersama kanker usus agung.

"Pengangkatan polip dapat menurunkan risiko kanker," kata Benny. Tetapi, terkadang adanya polip pula terlambat ketahuan lantaran tak muncul gejala.

Buat itu, menurut Benny butuh dilakukan skrining dengan cara teratur kepada usus akbar. Mampu dgn tes darah samar kepada feses & atau bersama memasukan selang mungil ke dalam usus akbar.

Terbentuknya polip mampu dipicu oleh gaya hidup yg tak sehat. Utamanya yaitu dari pola makan, seperti mengonsumsi lemak tinggi atau kurang makanan berserat.

Kanker usus agung yakni kanker yg pass tidak sedikit ditemui terhadap laki laki ataupun perempuan. Menurut Organisasi Kesehatan Dunia (WHO), kanker usus akbar menempati peringkat ke3 kasus kanker yg tidak sedikit dijumpai di semua dunia. Sangat Disayangkan, tidak jarang kali pasien tidak menyadari keberadaan kanker ini sampai hasilnya baru terdeteksi kepada stadium lanjut.
Title : Hati-hati, Polip di Usus Bisa Berkembang Jadi Kanker
Description : Keberadaan polip dalam usus agung butuh diwaspadai. Polip yakni gumpalan mungil dari sel-sel yg tumbuh di dinding usus agung. Sekilas, po...

0 Response to "Hati-hati, Polip di Usus Bisa Berkembang Jadi Kanker"

Posting Komentar