Gentamicin


Obat Generik : 
Gentamicin / Gentamisin Sulfat

Obat Bermerek : 
Balticin, Bioderm, Dermabiotik, Dermagen / Dermagen Forte, Garabiotic, Garamycin, Garapon, Gentamerck, Genticid, Ikagen, Konigen, Licogenta, Nichogencin, Ottogenta, Sagestam, Salticin.

KOMPOSISI
Tiap gram salep Gentamicin mengandung Gentamisina sulfat setara dengan gentamisina 1 gram.

FARMAKOLOGI
Gentamicin adalah suatu antibiotik golongan aminoglikosida yang efektif untuk menghambat bakteri penyebab infeksi kulit primer maupun sekunder seperti Staphylococcus yang menghasilkan penisilinase, Pseudomonas aeruginosa dan lain-lain.

INDIKASI
Untuk pengobatan infeksi kulit primer maupun sekunder seperti impetigo kontagiosa, ektima, furunkulosis, pioderma, psoriasis, dan macam-macam dermatitis lainnya.

KONTRAINDIKASI
Gentamicin tidak boleh diberikan pada penderita yang alergi terhadap gentamisin.

DOSIS DAN CARA PEMBERIAN
Gentamisin salep adalah obat luar. Oleskan pada kulit 3-4 kali sehari.

PERINGATAN DAN PERHATIAN
  • Penggunaan antibiotik topikal kadang-kadang menyebabkan suburnya pertumbuhan mikroorganisme yang tidak sensitif terhadap antibiotika, seperti jamur. Bila hal ini terjadi atau terdapat iritasi, sensitisasi atau superinfeksi, pengobatan dengan gentamisin harus dihentikan dan harus diberi terapi pengganti yang tepat.
  • Gentamisina salep kulit tidak untuk pengobatan mata.
  • Obat-obat  antibiotik tidak efektif terhadap infeksi kulit yang disebabkan oleh virus dan jamur.
  • Karena keamanan pemakaian Gentamisin pada wanita hamil secara absolut belum dipastikan, tidak boleh digunakan pada wanita hamil dalam jumlah yang banyak atau periode yang lama.
EFEK SAMPING
Efek samping Gentamicin yang dapat timbul adalah iritasi ringan, eritema / kemerahan kulit, dan pruritus / gatal-gatal.

KEMASAN
  • Gentamicine Salep, Tube, 5 gram, 0,1%.
Title : Gentamicin
Description : Obat Generik :  Gentamicin / Gentamisin Sulfat Obat Bermerek :  Balticin, Bioderm, Dermabiotik, Dermagen / Dermagen Forte, Garabiotic,...